iicaak

Sarung Bantal Bisa Bikin Anda Berjerawat

In WOMAN on November 26, 2009 at 4:54 pm

 Anda mungkin sudah melakukan perawatan tubuh dengan baik: mencuci wajah dua kali sehari, scrub beberapa kali seminggu, memakai pelembab, mengaplikasikan krim malam dan krim mata, dan lain sebagainya. Tetapi, jerawat kok masih muncul ya?

Mungkin, ada beberapa benda di sekitar Anda yang tanpa Anda sadari menjadi tempat bersarangnya kuman yang menyebabkan jerawat. Ingin tahu apa saja?

1. Rutin mencuci sarung bantal
Seperti pernah Anda baca dalam artikel di Kompas.com beberapa waktu lalu, bantal dan kasur adalah favorit kuman. Bantal dan kasur menjadi tempat “bersemayamnya” rambut, keringat, sel kulit mati, spora, bakteri, zat kimia, debu, tungau, serpihan tubuh serangga, hingga kotoran tungau. Bayangkan bila
bantal -setidaknya sarungnya- bersentuhan dengan wajah Anda selama sekian jam setiap hari? Kita tidak bisa melihat Anda memang akan membersihkan wajah setiap mandi, namun bagaimana dengan sarung bantal tersebut? Apakah Anda mencucinya sesuai jadwal?

Jalan keluarnya sederhana saja. Cucilah sarung bantal-guling dan seprai seminggu sekali, untuk mencegah kulit tergerus kotoran, bakteri, debu, minyak dari rambut Anda, dan sisa makeup. Berbagai kotoran inilah yang menyebabkan jerawat. Daripada membeli produk perawatan mahal ratusan ribu hingga jutaan rupiah, lebih baik bersihkan saja tempat tidur Anda.

2. Bersihkan ponsel Anda
Selama ini penggunaan ponsel sering dikaitkan dengan bahaya radiasi, namun belum banyak yang mengungkapkan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan kulit. Bayangkan bila ponsel itu sudah Anda genggam seharian, dimasukkan ke dalam tas, diletakkan di meja kantor, meja kantin, meja toilet, dan lain sebagainya. Sisa makeup, minyak atau keringat dari tangan, debu, dan partikel makanan menempel di ponsel, lalu berpindah ke pipi dan telinga saat kita menggunakannya untuk menelepon.

Untuk mencegah jerawat, bersihkan ponsel setiap hari dengan tisu antibakteri. Hanya butuh beberapa detik untuk melakukannya, namun akan menghemat waktu dan uang Anda untuk merawat wajah.

3. Jangan berlebihan melakukannya
Bila wajah telah berjerawat, kita tentu berusaha keras untuk mengenyahkannya. Setiap hari Anda akan mengaca untuk memastikan jerawat tidak bertambah parah, membersihkan wajah, dan mengoleskan krim jerawat. Namun ada baiknya Anda juga mengistirahatkan kulit dan pori-pori Anda. Perawatan jerawat yang salah justru akan membuat kulit kering, menyebabkan tubuh menghasilkan minyak berlebih sebagai kompensasinya, sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat. Santai sajalah, batasi perawatan eksfoliasi hanya dua kali seminggu.

4. Perhatikan peralatan kecantikan Anda
Namanya produk kecantikan, tentu fungsinya untuk mempercantik diri kita. Namun jika Anda tidak merawat berbagai sikat, spons, atau aplikator yang Anda gunakan memulas makeup, peralatan tersebut justru akan merusak kulit Anda. Peralatan kecantikan menyentuh wajah kita setiap hari, dan ketika tidak digunakan, benda-benda ini akan mengontaminasi foundation, blush on, atau apa pun yang ada di dalam makeup case Anda. Karena itu, cuci sikat, spons, atau apa pun peralatan kecantikan Anda, sedikitnya seminggu sekali dengan shampo bayi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: