iicaak

Yamaha Mio ATV, Keempat Roda Bisa Belok

In OTOMOTIF on November 27, 2009 at 3:48 am

Motor skutik dimodifikasi jadi empat roda alias all-terrain vehicle (ATV) sudah biasa. Tapi, kalau skutik ATV dengan keempat roda bergerak (4WD) dan bisa membelok (four wheel steering), itu barangkali baru diwujudkan pada Yamaha Mio 2005 dari Sragen, Jawa Tengah, ini.

Pembuatnya adalah Danar Widiyanto Putra dari rumah modifikasi Skutik Modified (SM). Ia sempat putar otak, bagaimana suktik Yamaha ini bisa melesat sempurna dan enak dipakai. Kemudian, ketika menikung, si penunggang tinggal tekan tombol switch, dan ATV pun sudah masuk tikungan dengan keempat roda membelok.

Menurut Danar, keempat roda bisa bergerak dan belok secara bersamaan karena dibantu dinamo. Agar bisa berputar bersamaan, ia pun menggunakan dinamo Honda Tiger untuk membantu gerak rantai yang dihubungkan ke keempat roda.

Namun, hasilnya kurang memuaskan dan roda tidak menggelinding cepat. Sudah begitu, suara berisik muncul ketika dinamo berputar. Akhirnya, dinamo starter diganti dengan dinamo Isuzu Panther. “Ketika mencari di pasar loak, ketemunya itu. Dan saat dipasang, pas dengan yang saya mau,” ujar Danar.

Ketika digas, roda bergerak normal. Sementara itu, untuk menggerakkan arah (belok) keempat roda, Danar menggunakan dinamo wiper dari merek mobil yang sama. Batang wiper dipadukan dengan aktuator parabola untuk menghasilkan mekanisme kerja four wheel steering melalui tombol.

Dinamo di sini, menurut Danar, berfungsi sebagai penggerak aktuator parabola yang bentuknya seperti pipa dan bisa bergerak naik-turun. Hasilnya adalah Mio ATV sungguhan yang enggak sekadar ubah tampang dan siap menaklukkan segala medan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: