iicaak

ZAP Alias, Mobil Sport Berhomologasi Sepeda Motor

In OTOMOTIF on Februari 11, 2010 at 5:28 am

Zero Air Poluttion (ZAP), spesialis produsen mobil listrik dari Santa Rosa, California,, Amerika Serikat, sangat gandrung membuat mobil tiga roda. Bahkan ada produknya kendaraan roda tiga, diberi nama ZAP Sedan dan Truck.

Ternyata, menurut perusahaan tersebut, dengan tiga roda, apakah dua di belakang atau di depan, produknya memperoleh homologasi sebagai sepeda motor. Dengan ini, tentu saja pajaknya lebih rendah.

Kendati demikian, produk terbaru ZAP, yaitu Alias, dengan format dua roda di depan satu roda di belakang, harganya bikin orang berkata, “Woow!” Pasalnya, kendaraan dengan pintu membuka bergeser ke atas, dibandrol US $35.000 atau Rp 325 juta! Harga yang cukup mahal!

Monosok
ZAP Alias – 100 persen mengandalkan energi listrik – dari belakang mirip dengan sepeda motor. Menggunakan satu roda berukuran lebar, sokbrerker tunggal atau monosok. Desain kabin, sama dengan mobil, menggunakan setir bulat. Teknik pemasangan roda depan pun sama dengan mobil, menggunakan suspensi double wishbone.

Sistem Gerak 3×2
Alias bisa dikatakan kendaraan dengan sistem gerak 3 x 2. Artinya, dari tiga yang digunakan, dua langsung memutar roda. Kedua roda depan langsung dipasangi masing-masing satu unit motor listrik berdiameter 400 m.

Kemampuan motor menghasilkan tenaga termasuk hebat. Tanpa raungan knalpot, kedua motor listrik menghasilkan tenaga 240 kW atau 321,85 PS dan torsi 756 Nm. Hebatnya lagi, untuk mendapatkan tenaga sebesar itu, motor listrik tidak harus bekerja sampai putaran tinggi, cukup 2.100 rpm.

Alhasil, selain kemampuan ngacirnya yang gesit, juga mantap dipakai pada kondisi lalu lintas kota yang kian hari tambah macet.

Untuk mengisi ulang baterainya, tinggal colokan stekker ke stop listrik 110 V (voltase di Amerika Serikat) baik di rumah atau di jalan.

“ZAP Alias mengakomodasi tiga tempat duduk, dirancang dan direkayasa di Lotus Engineering di Inggris, menggunakan motor induksi arus bolak-balik (AC) dilengkapi pendingin udara, baterai lithium-polimer 360 volt yang terdiri dari 110 sel dan tiga panel surya,” jelas Steven Schneider, CEO ZAP Advanced Technology Vehicle. Dijelaskan pula, bodi menggunakan komposit.

Performa
Di bawah kap mesin kendaraan tiga roda ini, terdapat motor listrik AC yang bekerja pada tegangan 316 volt dan berpendingin air. Dengan bodinya yang aerodinamis, konsumsi energinya bila dikonversi ke bahan bakar bensin, 42,5 kpl (km per liter).

Kemampuan Alias mencapai kecepatan tertinggi, menurut ZAP, 251 kpj (km per jam). Kempuan kendaraan berbobot 733 kg, dari 0-96 km/jam, 5,7 detik. Sedangkan baterai lithium-polimer yang digunakan, umtuk sekali isi bisa buat menempuh jarak 160 km.

Fitur atau perlengkapan tambahan yang disertakan adalah rem regeneratif, manajemen energi, power window, GPS, dan radio statelit berkualitas theater.

Kendaraan listrik tiga roda ini dilengkapi dengan panel surya 305 x 102 mm yang dimanfaatkan untuk sebagai sumber instrumen dan mengisi baterai untuk aksesori mobil. Panel surya juga bisa mengisi baterai lithium-polimer untuk menggerakan si tiga roda roda ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: